Cari Blog Ini

Minggu, 12 Agustus 2012

Gaya Hidup Sehat Dengan Air Putih


Tak dapat dipungkiri bahwa air putih sangat penting bagi tubuh. Air dalam tubuh diantaranya berfungsi menjaga kesegaran, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun. Namun, tahukah Anda, ternyata banyak manfaat yang direguk dari air putih, selain nikmatnya kesegaran. Air merupakan komponen penting untuk menghantarkan zat-zat yang berguna bagi tubuh, membersihkan kotoran pada usus, dan memaksimalkan semua fungsi sistem organ tubuh.
Manfaat air bagi kesehatan telah diakui oleh ahli kesehatan di berbagai belahan dunia. Semua makhluk hidup membutuhkan air bagi aktivitas metabolisme mereka. Apalagi saat tidur aktivitas tubuh tidak berhenti bekerja. Metabolisme sel-sel terus berjalan dan air dalam tubuh membantu sel-sel bekerja. Sehingga, setelah 6-8 jam tidur, tubuh bisa mengalami defisit air, karena dalam proses metabolisme sel akan ada air yang terbuang.
Air putih baik buat ibu hamil dan janin
Bagi ibu hamil dan menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi air putih karena dapat mempengaruhi perkembangan janin atau bayinya. juga dapat menjaga fungsi ginjal dan kesehatan kulit agar tetap sehat. Air merupakan komponen penting untuk menghantarkan zat-zat yang berguna bagi tubuh, membersihkan kotoran pada usus, dan memaksimalkan semua fungsi sistem organ tubuh.
Berikut manfaat – manfaat yang terkandung didalam air putih :
1. Memperlancar Sistem Pencernaan
Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.
2. Air Putih Membantu Memperlambat Tumbuhnya Zat-Zat Penyebab Kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.
3. Perawatan Kecantikan
Bila kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh pun harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 – 10 gelas sehari.
4. Menjaga keseimbangan cairan tubuh
Sekitar 60 persen komposisi tubuh manusia berupa air. Ketercukupan zat ini penting karena diperlukan untuk pencernaan, penyerapan, sirkulasi dan transportasi nutrisi, penciptaan air liur, serta penjagaan suhu tubuh.
5. Mengontrol kalori
Selama bertahun-tahun pelaku diet banyak minum air putih sebagai strategi menurunkan berat badan.
6. Memberi energi pada otot
Tanpa pasokan cairan yang cukup, sel-sel otot di tubuh akan menderita dan tak akan bekerja dengan baik.
7. Keuntungan untuk otak
Menurut penelitian dari European Journal of Neurology, seseorang yang memiliki penyakit migrain dapat mengurangi durasi dan intensitas sakit kepalanya dengan mengonsumsi enam gelas air setiap harinya.
Perlu diingat, dehidrasi dapat berkembang menjadi sesuatu yang serius seperti darah rendah dan detak jantung yang cepat. Jadi cairan sangat diperlukan untuk menghindari hal-hal tersebut. Apabila merasa bosan dengan air yang biasa diminum, cobalah alternatif penyegar untuk membuat variasi minuman Anda.
Air diperlukan untuk mengoptimalkan kesehatan mental terbaik. Otak adalah bagian yang membutuhkan kandungan air 75% dan telah menunjukan bahwa orang yang menderita dehidrasi kronis dapat mengalami masalah neurologis. Seluruh sistem saraf adalah serangkaian syaraf yang dilalui air. Kurang minum air putih dapat mengakibatkan penebalan saluran air, penebalan saluran air tersebut ditandai dengan tumbulnya masalah seperti Attention Deficit Disorder, Chronic Fatigue Syndrome, Kecemasan, Depresi dan bahkan ganguan mental degeneratif seperti Alzheimer.
8. Menjaga kesehatan kulit
Kulit mengandung banyak air dan berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk mencegah kehilangan cairan berlebihan.
9. Membantu kerja ginjal
Ginjal bertugas menetralisasi dan mengeluarkan semua zat yang bersifat racun yang masuk ke dalam tubuh. Tugas ginjal yang sangat luar biasa itu akan terganggu jika kita kurang minum.
Tak hanya setelah bangun tidur, Samuel pun juga menyarankan agar melakukan hal yang sama sebelum tidur. Tak perlu berlebihan karena konsumsi air putih berlebih justru bisa membebani Anda karena memicu lebih sering pergi ke kamar kecil termasuk juga berefek buruk pada fungsi jantung dan ginjal.
Dan ingat, jangan pernah mengabaikan dan menyepelekan manfaat air putih. Meski demikian, Anda pun perlu selektif memilih air untuk dikonsumsi. Air yang diminum harus memenuhi aspek kesehatan, umumnya air terdiri dari H2O, tapi tubuh juga butuh air yang mengandung mineral (Natrium, Kalium, Klor) agar otot bisa bergerak. Berapapun air yang terbuang, harus segara diisi kembali,termasuk saat bangun tidur untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Fereydoon Batmanghelidj – dokter pakar air putih, kebutuhan air putih harian dapat diketahui dengan rumus :
Berat badan(kg) x 33 = kebutuhan Air Putih Harian ml (bulatkan kelipatan 100)
Contoh : Berat badan 55 x 33 = 1815ml perhari
                Dibulatkan 1800ml perhari
Dalam mengkonsumsi 1800ml tersebut sebaiknya dilakukan dalam 8 kali setiap harinya.
Adapun waktu tersebut agar hidup sehat kita tetap terjaga adalah :
  • Bangun tidur
  • 90 menit sebelum sarapan
  • 30 menit sebelum makan siang
  • 90 menit setelah makan siang
  • Sore hari (sekitar pukul 4-5 sore)
  • 30 menit sebelum makan malam
  • 90 menit setelah makan malam
  • Sebelum tidur
Setiap minum jumlahnya 1/8 kebutuhan Air Putih harian. (1800ml :8 = 225ml)
Selain menjadi bagian dari hidup sehat, mengkonsumsi air putih secara teratur secara tidak langsung dapat membantu mengurangi sampah plastik. Caranya adalah dengan membawa botol minum sendiri. Anda dapat menggunakan botol minuman yang mempunyai desain yang menarik, praktis dan aman digunakan.
Jadi tunggu apalagi, mari mulai hidup sehat dengan air putih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar