Cari Blog Ini

Sabtu, 02 Maret 2013

Susu Terbaik


SUSU APA YANG TERBAIK UNTUK DIMINUM?



Awalnya postingan ini hanya ingin menceritakan keberanian keluarga suami disini yang setiap harinya minum susu mentah yang baru diperas dari sumbernya, biasanya dari sapi atau kerbau karena belum pernah minum susu mentah di Indonesia. Biar ceritanya lebih informatif akhirnya cari-cari informasi soal susu mentah hasilnya hmmm ternyata mengejutkan saya,mari kita simak yuk …
Ya, di India akan banyak kita temui keluarga yang mengkonsumsi susu mentah untuk anggota keluarganya. Biasanya susu mentah tersebut diantarkan ke rumah setiap paginya, tergantung keluarga tersebut butuh berapa liter perhari. Di rumah ibu mertua setiap harinya 1 liter susu mentah. Harganya berkisar 25 Rupee (Rp 5,000) per liter. Sampai detik ini pun saya tidak berani minum susu mentah tersebut malah sibuk cari-cari susu bubuk seperti yang biasa saya minum di Indonesia J Namun karena tidak mendapatkan susu bubuk orang dewasa jadilah saya minum susu UHT atau pasteurized milk (susu yang disterilkan). Awalnya saya berpendapat bahwa susu bubuklah yang terbaik karena seperti yang kita lihat kandungan vitaminnya lengkap seperti yang terjejer disetiap kaleng susunya.Benarkah pendapat saya? Ternyata tidak! Jadi susu apa yang vitaminnya lengkap? Ternyata susu mentahJ
Ada 5 alasan mengapa susu mentah yang baik untuk kesehatan:
1. Susu mentah jauh lebih bergizi dibandingkan susu yang disterilkan/UHT/susu bubuk.
2. Susu mentah mengandung enzim yang lengkap.Proses sterilisasi/UHT menghilangkan semua enzim yang terkandung di susu mentah.
3. Susu mentah mengandung probiotic. Proses sterilisasi/UHT menghilangkan probiotic yang terkandung di susu mentah.
4. Susu mentah mudah dicerna walaupun bagi yang alergi terhadap laktosa.
5. Susu mentah mengandung ‘built-in safety sistem’ yang membantu menghancurkan pathogen.
Sumber dari: (http://www.cheeseslave.com/2009/01/23/top-ten-reasons-to-drink-raw-milk).Tetapi pastikan susu mentah tadi didapatkan dari sapi atau kambing organic dimana hanya mengkonsumsi rumput hijau saja tanpa pestisida atau suntikan antibiotic, dsb. Susu kambing mempunyai rasa yang tajam, tinggal tergantung anda memilih susu sapi atau kambing. Namun susu kambing lebih baik lagi dari susu sapi karena gizinya lebih kompatibel dengan kebutuhan gizi manusia dan lebih mudah dicerna daripada susu sapi.
Dari sekian banyak susu yang kita temui dipasaran, mari kita simak sekilas apa yang terkandung didalamnya.
1. Soya milk: banyak susu kedelai mengandung gula yang sangat tinggi dan dicampur minyak dan stabilisator agar nampak seperti susu putih.
2. Cow’s milk UHT/ pasteurized: diperah dari sapi yang tidak sehat karena suntikan antibiotic,drugs dan rBGH yang tentunya tidak baik untuk kesehatan kita.Proses UHT/pasterisasi pun menghilangkan zat-zat penting untuk tubuh kita seperti yang kita lihat diatas.
3. Raw milk (sapi/kambing); tentunya sangat baik jika organic.
4. Fermented organic milk (Kefir); susu terbaik nomor satu dan tersehat untuk diminum karena mengandung antibiotic dan digunakan dalam pengobatan gangguan metabolik, aterosklerosi, alergi, kanker, TBC, gangguan pencernaan, osteoporosis, HIV, kandidiasis, hipertensi dan penyakit jantung. Proses kefir bisa dibaca lebih lanjut di http://en.wikipedia.org/wiki/Kefir.
5. Raw almond milk: susu terbaik kedua untuk diminum karena mengandung banyak nutrisi antikanker dan tanpa kolesterol. Proses pembuatannya pun sangat mudah.
Sumber dari list diatas diambil dari (http://www.nichetopics.info/what-is-the-best-milk-to-drink.html). Jadi kesimpulannya susu terbaik tinggal tergantung pilihan kita, kalau dinegara tempat kita tinggal terdapat organic raw milk, kefir dan raw almond milk tentunya lebih baik mengkonsumsi susu tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar